Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ADAB YANG HARUS DIMILIKI GURU : ISTIQOMAH (1)

 


ADAB YANG HARUS DIMILIKI GURU : ISTIQOMAH (1)

 

Dalam kitabnya “Adabul ‘Alim wal Muta’alim”, Hadrotussyaikh KH. Hasyim Asyari memaparkan beberapa adab yang harus dimiliki oleh seorang guru terhadap dirinya sendiri, yang salah satunya adalah istiqomah.

Istiqomah artinya ajeg atau dilakukan secara berulang-ulang dengan teratur. Atau dengan kata lain istiqomah sama dengan disiplin. Hal ini sangat perlu dimiliki oleh seorang guru, menilik tugas seorang guru adalah mendidik, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi dan memberi contoh pada peserta didik. Dan semua itu tidak akan bisa tercapai dengan maksimal bila tidak dibarengi dengan kedisiplinan.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa keberhasilan seorang siswa tidak lepas dari peran seorang guru, baik secara fisik maupun mental. Untuk melahirkan seorang murid yang berkualitas, tentu harus dimulai dari mutu seorang guru.

Istiqomah dalam pendidikan bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti selalu datang tepat waktu, tidak izin ketika ada jadwal mengajar, berusaha untuk meningkatkan kemampuan diri, berpakaian yang rapi dan sopan, menyiapkan bahan pembelajaran dan masih banyak lagi.

Ketika hal kecil ini dilakukan secara berulang, maka akan membentuk sebuah budaya yang merupakan awal dari sebuah karakter. Dan karakter yang baik adalah modal utama dari seorang pendidik. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad mengatakan:

“ Pekerjaan-pekerjaan (yang baik), yang lebih disukai Allah adalah pekerjaan yang terus menerus (dawwam) dikerjakan, walaupun pekerjaan itu sedikit.” ( HR.Bukhari dan Muslim dari “Aisyah)

Tidak salah jika Hadrotussyaikh menempatkan istiqomah dalam urutan adab yang nomor satu yang harus dimiliki seorang guru. Karena sebagai pendidik dan pemberi contoh, sudah seharusnya seorang guru terlebih dahulu membekali ilmu dalam dirinya dan memperbaiki karakter pribadinya, agar sebagai guru, apa yang disampaikan dan dilakukan benar-benar bisa di GUGU dan DITIRU.

 

Penulis: Ummy Atika, Bidang Pendidikan JP3M Nusantara