Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daun Sirih, Khasiat Melimpah dari Alam

SERI HERBAL: Hidup Sehat ala Para Nyai 




Daun sirih adalah salah satu daun yang mengandung anti biotik dan banyak manfaatnya,  diantaranya : Untuk pencegahan sakit mata, Untuk menghilangkan bau ketiak dan bau badan, Untuk pencegahan penyakit kulit dan Untuk pencegahan gatal-gatal pada alat kelamin 

1. Pencegahan pada sakit mata. 

Pada  era globalisasi manusia tidak bisa lepas dari berbagai teknologi seperti penggunaan laptop, hp, televisi dan berbagai teknologi yang dipakai secara berkepanjangan. Hal demikian menyebabkan mata lelah, perih bahkan sampe radiasi mata. Maka untuk pencegahan sakit mata dari efek radiasi tersebut dapat digunakan daun sirih dengan cara ambil daun sirih 3 atau 5 lembar, kalau ada yangg tepung ros, daun sirih ditaruh di piring kemudian disiram air panas, diamkan hingga dingin. Kemudian mata kita dimasukkan ke dalam air sirih tersebut (pen: rimbang). lakukanlah berulang kali ketika mata terasa pedas atau perih disertai dengan berjemur matahari pada waktu pagi, serta banyak memakan sayuran seperti wortel. Selain melakukan ikhtiar pengobatan di atas, harus disertai dengan doa yang dibaca ketika merimbang mata dg daun sirih, yaitu: 


 فَكَشَفْنَا عَنْكَ غِطَاءَكَ فَبَصَرُكَ الْيَوْمَ حَدِيدٌ


2. Menghilangkan bau ketiak, bau badan, pencegahan penyakit kulit dan gatal pada alat kelamin. 

Caranya daun sirih direbus sampai daunnya matang kemudian daun sirihnya untuk mandi dan diremas-remas diusapkan pada ketiak atau ke seluruh badan dan alat kelamin

3. Untuk menghilangkan bau ketiak bisa pake tawas yang diusapkan pada ketiak. 

4. Untuk obat gudig (eksim), disamping obat dan salep. Bisa dengan cara air panas dimasuki belerang (lirang) sampe hangat airnya lalu untuk berendam. Bisa mandi menggunakan sabun cuci piring cair.

Di  dalam Kitab Tanqihul Qaul halaman 17, disebutkan bahwa dalam sebuah hadist untuk kesehatan mata, saat mendengar adzan membaca doa: 


مَرْحَباً بِذِكْرِ اللهِ تَعاَلىَ قُرَّةَ أَعْيُنِناَ بِكَ ياَرَسُوْلَ اللهِ


Saat membaca doa tersebut, kedua jempol (bagian luar)  diusapkan di bibir kemudian di usapkan pada kedua mata, Insya Alloh mata kita sehat. Seperti yang di lakukan Ulama as-Sholih.

Penulis :

Ny. Hj.Hannik Maftukhah

Semoga bermanfaat